Pasca PSBB, Persiapan Pembukaan Mal Jadi Fokus Jokowi

Di Jakarta, mal direncanakan buka lebih cepat ketimbang Bekasi.

JAKARTA – Mal menjadi salah satu fokus perhatian Presiden Joko Widodo dalam konsep new normal pasca pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Jokowi, sapaan akrabnya, menyambangi Summarecon Mall Bekasi untuk memeriksa persiapan protokol kesehatan menuju kehidupan tatanan baru yang akan diterapkan setelah PSBB berakhir.

“Saya datang ke Kota Bekasi untuk memastikan kesiapan kita menuju ke tatanan baru, ke sebuah norma baru,” kata Jokowi di lokasi, dilansir Koran Tempo, Rabu (27/5/2020).

Ia berharap protokol kesehatan tatanan baru dapat membuat masyarakat bisa tetap produktif, sekaligus juga aman dari virus corona. Misalnya, dengan kewajiban bermasker dan menjaga jarak.

Pusat belanja 60 ribu meter persegi dengan 67 gerai di Bekasi Utara itu saat ini hanya diizinkan membuka supermarket dan apotek. Gerai-gerai itu dijadwalkan akan beroperasi penuh mulai 8 Juni mendatang.

Presiden Direktur PT Summarecon Agung Tbk, Adrianto P. Adhi, mengatakan pengelola tengah menyiapkan prosedur sebagai antisipasi penularan Covid-19.

Di Jakarta, mal direncanakan buka lebih cepat ketimbang Bekasi.

Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Jakarta mengumumkan sebanyak 67 mal siap beroperasi pada 5 Juni mendatang, lalu disusul enam lokasi lain pada 8 Juni.

Ada pun beberapa mal yang rencananya dibuka terjadi di berbagai pelosok wilayah Jakarta.

Di Jakarta Pusat, ada Plaza Indonesia, FX Sudirman, dan Plaza Semanggi. Di Jakarta Selatan, ada Pondok Indah Mall, Lipo Mall Kemang, dan Gandaria City. Di Jakarta Utara, ada Bay Walk, Emporium Pluit, dan Pluit Village.

Kemudian, ada Lippo Mall Puri, Central Park dan Neo Soho, serta Season City di Jakarta Barat; Tamini Square, Arion Mall, dan AEON Mall Jakarta Garden City di Jakarta Timur.

Ketua APPBI Jakarta, Ellen Hidayat, mengatakan agenda tersebut didasarkan pada Keputusan Gubernur Nomor 489 Tahun 2020 tentang Perpanjangan Pemberlakuan PSBB.

Ketentuan tersebut menyatakan bahwa DKI akan memasuki masa transisi kehidupan new normal jika pembatasan sosial tak lagi diperpanjang. Setiap pengelola telah mendapat petunjuk atau standard prosedur operasi dari pemerintah.

“Maka, mestinya tidak akan bermasalah,” ujarnya.

Ada pun beberapa protokol yang pengelola siapkan berupa pengukuran suhu tubuh. Jika melewati batas normal, yakni 37 derajat Celcius, baik pengunjung maupun karyawan ditolak masuk.

Berikutnya, kewajiban mengenakan masker, penyediaan hand sanitizer, dan pengawasan aturan menjaga jarak, termasuk di lift dan escalator. Pengelola juga akan memperbanyak frekuensi pembersihan dan penyemprotan disinfektan. Semua protokol kesehatan ini dijalankan oleh tim pengendali Covid-19 yang dibentuk di tiap pusat belanja.

Ellen mengatakan bahwa ada kemungkinan tidak semua gerai buka kembali secara serentak. Mereka masih menunggu arahan pemerintah DKI soal kepastian izin operasi bagi sejumlah penyedia jasa hiburan yang dinilai sulit menerapkan aturan jaga jarak, seperti salon, bioskop, dan arena permainan anak.

(Agil Kurniadi/Research Associate)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *