Respons Masyarakat Terhadap Kecerdasan Artifisial: Peluang dan Tantangan

Proportion
Categories: Research

 

Indonesia diperkirakan memiliki Bonus Demografi pada tahun 2030 dan pemindahan Ibu Kota Negara Indonesia dari DKI Jakarta ke Ibu Kota Nusantara Kalimantan Timur. Kedua momentum besar ini merupakan potensi strategis untuk perkembangan Kecerdasan Artifisial.

Mengingat hasil sensus penduduk tahun 2020 Indonesia didominasi oleh generasi milenial yang melek akan teknologi, sehingga keberadaan kecerdasan artifisial merupakan keniscayaan yang bisa menjadi potensi ekonomi bagi kemajuan negara Indonesia.

Posisi IKN Nusantara yang berada di tengah-tengah kepulauan Indonesia diproyeksikan akan menggunakan Kecerdasan Artifisial untuk penunjang aktivitas di Ibu Kota Baru. Dengan demikian, Kecerdasan Artifisial ini sangat penting untuk diketahui sebagai pengetahuan umum oleh masyarakat Indonesia, agar mempersiapkan untuk berkompetisi di dunia Global.

Mengukur tingkat keterpaparan Kecerdasan Artifisial, CIC Lembaga Riset  & Konsultan Sosial mengadakan Survei Respons Masyarakat Terhadap Kecerdasan Artifisial: Peluang dan Tantangan.

 

KESIMPULAN DAN REKOMENDASI

Masyarakat Indonesia sudah mafhum perkembangan kecerdasan artifisial dewasa ini. Begitu juga dengan berbagai jenis kecerdasan artifisial yang ada dengan berbagai varian dan sektor. Selain itu, kecerdasan artifisial dipandang membantu dan memudahkan aktivitas manusia. Walaupun demikian potensi ancaman dari kecerdasan buatan itu kentara adanya.

Hal positifnya dapat dilihat dari angka 52% menyatakan bahwa peluang yang muncul dari adanya perkembangan kecerdasan artifisial yaitu terciptanya jenis pekerjaan baru.

Potensi ancaman yang muncul perlu adanya mitigasi. Dengan demikian, peluang dari adanya kecerdasan artifisial termasuk menciptakan jenis pekerjaan baru dapat dioptimalkan.

Masyarakat perlu meningkatkan kompetensi yang relevan dengan jenis pekerjaan baru berbasiskan kecerdasan buatan.

Baca laporan lengkapnya di https://drive.google.com/file/d/1cK0XxXIVisOzqTNLWNTiCU20e9mGtFJc/view?usp=sharing

Related Post

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hallo! Ada yang bisa kami bantu? Terima kasih